e-Book Indonesia


contoh eBook




switch to english


e-Book


Teknologi Informasi sudah mengalami masa kejayaan sejak berkembangnya dunia Internet. Sudah tidak terelakkan lagi, banyak aspek di dunia ini telah bergesar menuju era komputer. Kapan kita terakhir memakai mesin tik? Kapan kita terakhir memakai kalkulator untuk menghitung statistik? Komputer mungkin tidak akan bisa menggantikan itu semua, tapi mereka akan tetap ada karena memperingan tugas manusia.

Demikian juga halnya dengan buku. Dari dulu sudah ada yang namanya e-book. E-book adalah versi elektronik dari buku cetak. Ada banyak buku e-book tersedia di Internet. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk komunitas TI, tentunya sering mendengar penerbit Wrox, bukan? Saya pikir buku-buku dari penerbit ini cukup bagus. Ambillah contoh buku tentang Java, PHP, dsb. buku ini menerbitkan itu semua.

Lantas, kenapa perlu memilih e-book untuk buku yang sudah ada buku cetaknya? Mari kita lihat satu per satu apa yang membuat kedua jenis buku ini menjadi berbeda.

Portabilitas
Itu dia. e-book itu tidak memakan banyak tempat secara fisik. Malah, kalau Anda punya USB disk drive sebesar, katakanlah, 1GB, sudah bisa muat kira-kira lebih dari 10 buku. Dan, Anda tentunya tahu kalau ukuran USB disk drive bisa muat dalam kantung baju. Bayangkan membawa 10 buku cetak ke mana-mana.

Mencari bagian tertentu
Ada kalanya kan di mana kita ingin mencari bagian tertentu saja dari sebuah buku. Walau kita sudah hapal buku itu, masih saja ada bagian yang terlupakan. Membacanya dari awal lagi? Tentunya tidak. Mencari di bagian Index? Mungkin ketemu, mungkin tidak. Di sinilah e-book bernilai lebih daripada buku cetak: kita bisa mencari bagian tertentu saja yang kita inginkan.

Awet
Bagaimana kondisi buku yang sudah Anda beli 5 tahun lalu? Apakah kertasnya masih berwarna putih? Apakah sudah ada coret-coretan si kecil? Apakah sudah ada halaman yang hilang? Sudah dimakan rayap? Kalau ada jawaban ‘iya’ untuk satu pertanyaan di atas, mungkin Anda akan bilang, “coba saya punya e-book”. Kemungkinan paling buruk dari sebuah e-book adalah terhapus dari sistem.

Ini baru nilai lebih untuk pembaca. Bagaimana dengan perpustakaan?

Hemat tempat
Buku e-book yang dibeli tidak memakan banyak tempat. Apalagi kalau buku e-book yang tersedia secara online. Perpustakaan pada akhirnya cukup menyediakan 10 terminal komputer untuk para anggotanya dan menyediakan akses online untuk membaca e-book koleksi perpustakaan tersebut. Yang lebih menarik lagi, kalau anggota perpustakaan malas untuk datang secara fisik ke perpustakaan, mereka bisa saja mengakses perpustakaan ini secara online.

Peminjaman Buku
Bagaimana bila ada mahasiswa meminjam buku, kemudian mahasiswa ini lupa mengembalikan buku? Memang, perpustakaan bisa saja menahan kelulusan mahasiswa ini. Namun, bagaimana bila mahasiswa ini dropout atau tidak lulus-lulus dan melupakan kemahasiswaannya? Bagaimana menagih buku yang sudah hilang? Bagaimana “menyembuhkan” buku yang sudah robek/ rusak? Dengan e-book, semua masalah ini tidak timbul.

Katalog
Masih repot dengan katalog? Dalam e-book semua hal ini sudah terotomatisasi. Semua informasi metadata sudah tersedia, cukup dengan mengakses sebuah buku, maka metadata yang sudah tersemat di dalamnya juga tersedia. Ini memudahkan pekerjaan pustakawan.

Lalu, bagaimana dengan keuntungan yang didapat oleh penerbit?

Harga
Harga e-book yang ditawarkan umumnya sama dengan harga buku cetaknya. Perbedaannya adalah, harga e-book memang lebih mahal sedikit. Namun, dibandingkan dengan fitur-fitur yang sudah ada, harga ini tidaklah menjadi berarti lagi. Jadi, untuk perpustakaan, e-book adalah pilihan yang terbaik untuk menggantikan buku-buku yang sudah ada untuk jangka waktu panjang.

Pembajakan
Buku e-book memang bisa disalin begitu saja dalam sebuah sistem. Namun, dengan menggunakan jasa penyedia e-book online, masalah ini bisa ditekan sedemikian rupa sehingga pengguna e-book online tidak bisa dengan mudah mendownload keseluruhan e-book dan menyebarkannya lagi.

Jadi, bagaimana masa depan e-book? Tentunya, buku cetak tidak akan dengan mudah tergantikan begitu saja posisinya oleh e-book. Masih akan ada orang yang lebih senang dengan menggunakan buku cetak. Saya sendiri untuk baca buku Harry Poter masih lebih senang baca buku cetaknya. Lebih senang lagi kalau nonton filemnya dan dibayar pulak ;)

Tapi, sebuah buku cetak tidak bisa mencari kata tertentu dalam bukunya. Buku cetak tidak bisa menyediakan link ke Internet di luar dari buku tersebut untuk informasi tambahan. Buku cetak tidak bisa bertahan lama kondisi fisiknya. Jadi, kenapa tidak kita mulai era e-book?

oleh: MT Wilson, SKom., MKOm.


Berikut ini ada berbagai macam judul ebook yang cukup bermanfaat yang bisa anda download, silahkan download...dan baca.

Download gratis disini

Comments :

0 komentar to “e-Book Indonesia”

Poskan Komentar